Senin, 20 Januari 2014

MOTHERBOARD DAN BAGIAN-BAGIANNYA




MOTHERBOARD DAN BAGIAN-BAGIANNYA






1.    Socket Processor : adalah socket di mana processor di pasang. Dalam perkembangannya socket processor 1 dengan lainnya berbeda type. Hal ini karena perkembangan processor dari waktu ke waktu. Jenis socket pada motherboard mengindikasikan processor apa yang cocok dipakai untuk motherboard tersebut.

2. Slot RAM : adalah slot yang digunakan untuk memasang RAM (Random Acces Memory) pada motherboard.  Sama halnya dengan socket processor. Slot RAM memiliki jenis yang berbeda sesuai jenis RAM yang dipakai.

3. Socket PSU (Power Supplay Unit) / socket catu daya : socket ini adalah socket yang menghubungkan Power Supplay dengan motherboard. Yang memberikan daya pada komputer sehingga komputer bisa menyala.

4.  FDD (Floppy Disk Drive) Socket adalah socket yang menghubungkan antara Floppy Disk Drive dan Motherboard Komputer.

5.  IDE (Integrated Drive Electronics) Socket : adalah socket yang dihubungkan dengan Parallel ATA, yang mana PATA ini merupakan kabel penghubung Harddisk Drive maupun CD-ROM Drive yang mendukung PATA.

6.  SATA Socket : adalah penghubung antara Harddisk Drive maupun CD-ROM Drive yang mendukung sistem SATA kabel sebagai penghubungnya.

7.  Front Panel: adalah semacam Panel On/Off (switch) yang dihubungkan pada tombol On/Off, tombol reset, HDD LED, Power LED, Buzzer.

8.    Slot PCI Express : Adalah slot yang menghubungkan card device yang mendukung slot PCI Express sebagai penghubungnya.

9.       Slot PCI : Adalah slot yang menghubungkan card device yang mendukung slot PCI sebagai penghubungnya.

10.       ROM (Read Only Memory) : adalah memory yang bersifat permanen yang di dalamnya terdapat BIOS.

11.       Slot PCI Express : Adalah slot yang menghubungkan card device yang mendukung slot PCI Express sebagai penghubungnya.

12.       Battrey C-MOS : adalah battrey penyuplai listri untuk C-MOS (ROM) pada saat komputer dalam keadaan mati.

13.       I/O Port : adalah beberapa macam port input dan output yang menghubungkan hardware komputer sebagai input maupun output. Serta hardware Peripheral komputer.

14.       Socket Power Processor : socket power untuk processor yang mengalirkan daya tambahan untuk processor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar